Bumi Diprediksi Akan Berakhir 1 Miliar Tahun Lagi?

detail berita
Sebuah studi baru memprediksi bahwa semua makhluk hidup, termasuk manusia, hewan dan tumbuhan akan lenyap dari Bumi dalam satu miliar tahun ke depan. Peneliti mengungkapkan bahwa hal ini terjadi sebagai akibat dari berkurangnya jumlah karbon dioksida di atmosfer.

Menurut studi yang dilakukan oleh astrobiologis, Jack O’Malley James dari University of St Andrews di Inggris, dalam satu miliar tahun ke depan, tingkat penguapan akan meningkat. Di mana, reaksi kimia dari air hujan akan menarik karbon dioksida dalam jumlah besar dari atmosfer Bumi.

Hilangnya kandungan karbon dioksida ini akan mengakibatkan melapetaka bagi tanaman, hewan bahkan planet Bumi. Di saat yang sama, Bumi akan kehabisan oksigen. Hal ini memacu lautan yang menghampar di Bumi akan benar-benar mengering.

Diduga penguapan air laut itu terjadi karena intensitas panas matahari yang kian terik. Dibalut rasa penasaran yang luar biasa, akhirnya O’Malley James menciptakan model komputer untuk memprediksi waktu kepunahan di masa depan berdasarkan model perubahan suhu.

Tak hanya itu saja, model ini bahkan diklaim dapat membantu peneliti untuk mengenalisa planet lain beserta akhir zamannya. Demikian dilansir Hindu Times, Selasa (2/7/2013).

“Kehidupan di masa depan akan jauh berbeda dengan yang ada di Bumi saat ini. Dengan menggunakan model ini, setidaknya kita dapat memprediksi seperti apa kehidupan seperti ini di luar Bumi. Dari situ kita bisa mendapat gambaran mengenai prediksi akhir zaman dari kehidupan ini,” jelas O’Malley James.



sumber

Share 'Bumi Diprediksi Akan Berakhir 1 Miliar Tahun Lagi?' On ...

Ditulis oleh: Marlyn Monroe - Wednesday 3 July 2013

Belum ada komentar untuk "Bumi Diprediksi Akan Berakhir 1 Miliar Tahun Lagi?"

Post a Comment